21 Sep 2018
Home
×
Login Area
Tentang LKK
Struktur Organisasi
Keanggotaan
Program & Layanan
Agenda Kegiatan
HS CODE & Tarif Pabean
Peta Logistik
Tips
Peraturan Pemerintah
×
User ID/Email

Password

Register
×
Jadwal Kapal
Port Asal :
Port Tujuan :
 
×

PENDAFTARAN
No KADIN
Perusahaan*
Alamat *
 
*
Kode Pos
Telepon *
HP/Seluler
Fax
Email
Website
Pimpinan
Jabatan
Personal Kontak
Bidang Usaha
Produk/Jasa *
Merek
ISIAN DATA KEANGGOTAAN ONLINE**)
Email
Nama lengkap
Password
Retype Password
Code ==> Verify

*) Wajib diisi
**) Diisi jika menghendaki keanggotaan Online.

×

 
LKK KADIN DKI JAKARTA
FREE CONSULTATION, REGISTER NOW !
Supported by
KADIN DKI JAKARTA

 

Penerapan Urban Logistic di Kota Besar sangat dibutuhkan untuk Kelancaran Logistik - 31 May 2018

Customsjakarta.com, Jakarta – Sistem logistik di perkotaan saat ini dinilai masih belum berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pemerintah dituntut segera merencanakan logistik perkotaan atau urban logistics sebelum pertumbuhan penduduk semakin melonjak.

Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan pemerintah harus membuat sistem logistik jangka panjang.

“Kita melihat bahwa terjadi perubahan distribusi termasuk pada jenis moda yang digunakan. Di negara maju, terminal bukan hanya sebagai terminal bus tapi juga ada fungsi pergudangannya,” ujarnya, Rabu (30/5).

Infrastruktur yang berubah menjadi multifungsi tersebut, lanjut Yukki, juga ada pada stasiun sehingga memudahkan dalam pengiriman barang dan juga mengurangi tingkat kemacetan.

Dia memperkirakan jumlah penduduk Indonesia pada 2025 akan mencapai 290 juta. Sementara itu, jumlah penduduk Jakarta sudah mencapai 15 juta jiwa pada siang hari.

Di sisi lain, akan terjadi perubahan kebiasaan masyarakat yang enggan keluar rumah atau kantor dan lebih memilih menggunakan layanan jasa antar. Jika 10% memesan makanan di saat yang bersamaan, Yukki tidak bisa membayangkan seperti apa padatnya Jakarta pada siang hari.

Oleh karena itu, kota besar seperti Jakarta didesak segera membuat urban logistics dimulai dengan menyediakan pusat gudang pemenuhan kebutuhan pokok di beberapa titik untuk mempermudah pengiriman logistik.

“Jika tidak dilakukan dari sekarang, mau segencar apapun pembangunan infrastruktur, biaya logistik akan tetap tinggi,” tambahnya.