12 Des 2018
Home
×
Login Area
Tentang (LKK)
Struktur Organisasi
Keanggotaan
Berita
Program & Layanan
Agenda Kegiatan
HS CODE & Tarif Pabean
Peta Logistik
Tips
Peraturan Pemerintah
×
User ID/Email

Password

Register
×
Jadwal Kapal
Port Asal :
Port Tujuan :
 
×

PENDAFTARAN
No KADIN
Perusahaan*
Alamat *
 
*
Kode Pos
Telepon *
HP/Seluler
Fax
Email
Website
Pimpinan
Jabatan
Personal Kontak
Bidang Usaha
Produk/Jasa *
Merek
ISIAN DATA KEANGGOTAAN ONLINE**)
Email
Nama lengkap
Password
Retype Password
Code ==> Verify

*) Wajib diisi
**) Diisi jika menghendaki keanggotaan Online.

×

 
LKK KADIN DKI JAKARTA
FREE CONSULTATION, REGISTER NOW !
Supported by
KADIN DKI JAKARTA

 

Efisiensi Biaya Logistik, Pelindo IV akan Bangun PLB - 02 Okt 2018

Customsjakarta.com, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berencana membangun Pusat Logistik Berikat (PLB) di Pelabuhan Makassar, untuk efisiensi biaya logistik bagi para stakeholder.


Hal ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema 'Pendirian Pusat Logistik Berikat di Pelabuhan Makassar', yang digelar PT Pelindo IV di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pusat Pelindo IV Makassar, Sulawesi Selatan.


Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan, pembangunan PLB di Pelabuhan Makassar akan melibatkan seluruh instansi dan stakeholder terkait.


"Untuk itulah, kami (Pelindo IV) mengundang seluruh instansi dan stakeholder di Pelabuhan Makassar untuk sama-sama berdiskusi dalam forum ini," kata Farid dalam rilisnya ke Tribun Timur.


Dia menuturkan, ada empat latar belakang yang menjadi alasan pihaknya menggelar FGD Pusat Logistik Berikat. Pertama, sebagai wadah untuk mendapatkan masukan terkait rencana pendirian PLB di Makassar.


Kedua, Pusat Logistik Berikat nantinya dapat mendorong meningkatnya perdagangan Indonesia Timur ke pasar global.


Ketiga, akan banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh pengguna PLB, di antaranya penangguhan Bea Masuk (BM) dan tidak dipungut Pungutan Lain Dalan Rangka Impor (PDRI), penundaan pembayaran BM-PDRI saat pengeluaran dan lain-lain.


"Keempat, dengan berdirinya PLB dapat menekan risiko fluktuasi harga bahan baku dan kepastian tersedianya pasokan bahan baku dalam waktu singkat," ujarnya.


Dia menyebutkan, untuk membangun Pusat Logistik Berikat, pihaknya melakukan investasi dengan menyiapkan lahan sekitar area Pelabuhan Makassar seluas tiga hingga empat hektare.


Pihaknya berharap, PLB yang akan dibangun nanti akan menjadi hub PLB di Kawasan Indonesia Timur (KTI) dan bisa menjadi contoh bagi pelabuhan-pelabuhan yang lain di KTI.